Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anda Putus Cinta? Segeralah Belanja Heboh hingga Puas

Kompas.com - 17/09/2016, 20:02 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

Sumber InStyle

KOMPAS.com   Wanita selalu mempunyai ragam alasan untuk belanja terus-menerus. Sekarang, Anda memiliki alasan baru yang telah divalidasi oleh studi dari pakar psikolog.

Namun, terapi belanja ini khusus untuk para wanita yang sedang galau karena baru saja putus cinta.

Studi yang dipublikasikan oleh Psychology and Marketing menjabarkan bahwa luka hati karena putus cinta bisa segera mereda setelah Anda puas belanja.

Penulis studi, A Selin Atalay dan Margaret G Maloy, menjelaskan bahwa membeli baju, sepatu, atau aksesori bisa mengembalikan emosi positif setelah merasa kecewa dan terluka karena putus cinta.

Sindrom ingin belanja setelah patah hati ini biasa disebut dengan istilah terapi belanja atau retail therapy.

Atalay dan Maloy menegaskan bahwa tidak ada jaminan Anda bahagia setelah heboh belanja dalam satu waktu. Namun, mereka menyatakan bahwa Anda tidak akan menyesali keputusan belanja gila-gilaan meski sampai harus memakai simpanan tabungan.

Kedua peneliti membuktikan dengan data yang memperlihatkan bahwa 82 persen dari 1.000 responden mengaku lebih bahagia dan benar-benar lega hati setelah belanja sehari penuh.

Selain belanja kebutuhan fashion, studi juga mengungkapkan, belanja barang elektronik dan dan makanan seusai putus hubungan juga memperlihatkan efek serupa.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com