Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Snapchat Punya Kehidupan Sosial Lebih Bahagia

Kompas.com - 18/09/2016, 16:06 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

KOMPAS.com – Studi di University of Michigan menemukan bahwa bermain Snapchat membuat penggunanya merasa hidup lebih bahagia, terutama kehidupan sosial.

Studi mengomparasi antara pengguna media sosial lainnya, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Mereka menyimpulkan bahwa pengguna Snapchat memiliki kehidupan yang lebih bahagia.

Peneliti juga mengungkapkan bahwa ada satu hal yang membuat orang jauh lebih bahagia ketimbang kontak sosial di Snapchat, yakni pertemuan tatap muka secara langsung.

Interaksi di Snapchat, kata peneliti, memang tidak seefektif pertemuan langsung, tetapi media sosial tersebut ampuh meningkatkan emosi positif penggunanya.

Kesimpulan tersebut berdasarkan eksperimen terhadap 154 mahasiswa.  

“Banyak orang menganggap bahwa Snapchat merupakan aplikasi untuk sexting, tetapi kami menemukan, Snapchat menjadi media untuk berkomunikasi secara spontan dengan teman-teman dekat. Media sosial yang terbilang baru ini dianggap mudah dimainkan dan membahagiakan,” jelas Joseph Bayer, Ketua Studi di University of Michigan.

Aplikasi Snapchat, kata Bayer, dinilai lebih jujur dalam menampilan kehidupan penggunanya tanpa mengkhawatirkan citra diri seperti di media sosial lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com