Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Punya Aplikasi Kencan? Anda Telah Hargai Diri Sendiri dengan Sangat Baik

Kompas.com - 25/09/2016, 15:00 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

Sumber Teen Vogue

KOMPAS.com – Tinder, Match, OkCupid dan masih banyak lagi, merupakan aplikasi kencan internasional yang telah mempertemukan banyak pasangan di dunia.

Keberhasilan bertemu kekasih di aplikasi kencan, membuat banyak orang tergoda untuk mencoba peruntungan menemukan cinta yang ditunggu-tunggu tersebut.

Namun, tak sedikit yang memilih untuk tidak “latah” mengunduh dan membuat akun di aplikasi kencan.

Umumnya, alasan mereka adalah merasa tidak nyaman berkomunikasi dengan orang yang benar-benar asing di dunia maya. Selamat, Anda berarti telah menghargai diri Anda dengan sangat baik.

Berdasarkan studi dari University of North Texas, pria dan wanita pengguna Tinder atau aplikasi kencan yang memajang foto diri secara berlebihan, merupakan orang-orang yang minder serta tidak percaya diri dalam keseharian.

Studi yang dipublikasikan dalam American Psychological Association ini juga menyimpulkan bahwa aplikasi kencan hanya merusak psikis pengguna dan menurunkan penghargaan pada diri sendiri.

Lalu, studi juga menemukan bahwa banyak pengguna aplikasi kencan, tidak berniat menemukan pasangan tetapi mereka ingin meningkatkan rasa percaya diri melalui komentar netizen mengenai diri mereka.

Menurut Jessica Strubel, PhD., seorang profesor di University of North Texas, aplikasi kencan tidak menyebabkan tumbuh rasa minder dan tidak percaya diri pada si pengguna.

Sebab, kualitas penghargaan yang rendah pada diri tersebut sudah ada si pengguna sebelum mereka berpartisipasi dalam aplikasi kencan.

Intinya, orang dengan rasa menghargai diri yang rendah memilih aplikasi kencan untuk menemukan pasangan.

Sebaliknya, mereka yang menghargai diri lebih baik memilih berkenalan langsung untuk mencari pasangan yang tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Teen Vogue
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com