Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/09/2016, 10:03 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com – Wajah yang cerah, bersih, dan bersinar adalah impian semua wanita, tak terkecuali remaja perempuan. Hal ini didukung juga oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh Clean & Clear.

Studi tersebut menunjukkan bahwa 75 persen remaja di Indonesia percaya bahwa memiliki kulit yang cerah itu lebih penting daripada kulit putih.

“Akan tetapi, pada kenyataannya di Indonesia sendiri masih banyak remaja yang pakai pemutih wajah,” ujar Yuni Sulistyo, Brand Manager Clean & Clear dalam peluncuran produk terbarunya yaitu Natural Bright Face Wash di Jakarta, Sabtu (24/9/2016).

Yuni menjelaskan, kebiasaan ini disebabkan oleh standar kecantikkan yang ada di Indonesia di mana wanita berkulit putih dianggap lebih cantik.

Selain itu, penyebab lainnya adalah banyaknya tekanan saat remaja sedang tumbuh dan berkembang. Tekanan-tekanan tersebut kebanyakan  muncul dari teman, lingkungan terdekat, bahkan dari keluarga mereka.

Hal ini menyebabkan para remaja di Indonesia bersikukuh untuk mendapatkan kulit yang putih walaupun harus menggunakan pemutih.

Yuni pun berkata bahwa sebenarnya, memiliki kulit yang cerah lebih penting bila dibandingkan dengan kulit putih.

Lagipula, pemakaian pemutih wajah yang bisa berdampak buruk untuk kulit remaja yang sensitif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com