Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurma Mujarab Redakan Guratan Selulit Usai Melahirkan

Kompas.com - 30/09/2016, 14:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com — Salah satu kekhawatiran yang dirasakan banyak wanita hamil adalah masalah stretch marks yang hadir di area kulit perut, bokong, dan paha.

Rasa khawatir itu hadir dengan alasan yang kuat, yaitu stretch marks sulit hilang. Tak sedikit dermatolog yang mengemukakan bahwa stretch marks sifatnya permanen.

“Sebenarnya, stretch marks tidak hanya terjadi pada wanita hamil dan melahirkan, wanita yang kehilangan berat badan secara drastis pasti memilikinya,” jelas Eric Scheweiger, MD, dermatolog, seperti dikutip Babble.

Lalu, apakah ada cara mencegah datangnya stretch marks?

Menurut Schweiger, tidak ada cara yang ampuh dan benar-benar valid untuk menghindari stretch marks, tetapi kulit yang terhidrasi jarang bertebaran stretch marks.

“Jadi, rajinlah memulaskan losion tubuh,” imbuhnya.

Sulit dihindari dan dihilangkan tak berarti stretch marks tidak bisa diatasi dengan meredakan guratannya pada kulit supaya tidak terlalu nyata.

Berikut lima makanan yang diklaim bermanfaat untuk meredakan stretch marks:

Jeruk
Kaya kandungan vitamin C, jeruk menjadi buah favorit untuk meningkatkan elastisitas kulit, meredakan stretch marks, dan menghaluskan kulit.

Kurma
Buah yang identik dengan bulan puasa ini baik untuk meningkatkan sirkulasi darah menuju sel kulit dan mengencangkan kulit.

Alpukat
Kandungan omega 3 asam lemak yang tinggi pada alpukat mujarab memperbaiki elastisitas kulit dan meredakan stretch marks.

Telur
Rajin mengonsumsi telur yang tinggi protein bisa membuat kulit lebih halus dan kencang. Alhasil, guratan stretch marks pun akan memudar dan samar-samar.

Air putih
Terakhir, konsumsi air putih yang cukup selama masa mengandung dipercaya menghalangi atau menyulitkan datangnya stretch marks pada kulit perut dan sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com