Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/10/2016, 17:10 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Menjadi mahir dalam suatu hal tidak datang begitu saja tanpa latihan. Ternyata, hal ini juga bisa diaplikasikan dalam berbohong.

Oleh karena itu, jangan khawatir bila Anda selalu ketahuan dalam berbohong dan iri dengan teman yang mahir.

Sebab, sekelompok peneliti dari Northwestern University baru saja mengonfirmasikan bahwa berbohong ternyata bisa dilatih.

Bahkan, dengan hanya berlatih selama 20 menit, Anda bisa berbohong dengan lancar.

Dalam studi yang hanya melibatkan 32 orang ini, para peneliti meminta setengah dari partisipan untuk berbohong mengenai nama, tanggal lahir dan kota asal mereka.

Para peneliti kemudian meminta partisipan untuk menekan tombol ya dan tidak mengenai fakta. Partisipan yang diminta untuk berbohong kemudian diminta untuk berlatih selama 20 menit dengan menekan tombol ya.

Setelah mengulangi percobaan ini sebanyak 270 kali atau sekitar 20 menit, para peneliti menemukan bahwa waktu merespon dan akurasi kelompok pembohong menyamai kelompok yang menjawab jujur.

Xiaoqing Hu, salah satu penulis studi ini dan kandidat doktor psikologi di Northwestern University, menjelaskan alasan seseorang perlu latihan untuk mahir berbohong.

Ternyata, berbohong membutuhkan bermain keseimbangan dengan mental. Ketika berbohong, Anda memiliki dua jawaban yang berlawanan dan memilih yang salah.

Akan tetapi, 20 menit adalah waktu yang cukup untuk menghafal kebohongan secara menyeluruh sehingga Anda tidak perlu lagi memutar otak

Hu kemudian berkata bahwa mengatakan hal yang sama berulang-ulang bisa membohongi otak Anda sendiri. Oleh karena itu, dia menyarankan Anda untuk berbohong demi hal yang baik.

“Kita bisa sangat mahir dalam membohongi diri kita sendiri untuk menjadi lebih baik. Misalnya jika aku memberitahu diriku sendiri berkali-kali bahwa aku kompeten, pintar, dan mahir berhitung, maka latihan ini bisa membantu performa kita yang sebenarnya,” ucap Hu.

Nah, bila Anda ingin mahir melakukan sesuatu mungkin ada baiknya membohongi diri sendiri setiap hari hingga dapat mencapainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com