Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangtua, Biasakan untuk Mendongeng kepada Anak-anak

Kompas.com - 02/10/2016, 09:30 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Mendidik anak-anak ternyata tidak hanya dalam bidang akademik saja. Biasanya orangtua lebih memilih agar anak-anak, khususnya pada usia balita, untuk mengikuti kegiatan di kelompok bermain.

Akan tetapi, sebenarnya anak-anak membutuhkan pendidikan di rumah agar mereka menjadi lebih dekat dengan orangtua.

Sebagai gantinya, orangtua dapat mendekatkan diri dengan cara mendongeng, sebuah kegiatan yang kini sudah jarang dilakukan oleh para orang tua di rumah.

Namun, pada dasarnya mendongeng adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan orangtua dalam mendidik sang buah hati.

"Dongeng merupakan salah satu cara yang dapat membantu otak anak saat masa tumbuh kembangnya imajinasi," ujar Pendongeng Indonesia, Gery Puraatmaja, yang biasa dikenal dengan nama Paman Gery, dalam acara roadshow Greenfields Milk Truck #LoveAt1stTaste di Jakarta, Sabtu (1/10/2016).

Dia melanjutkan, di masa kecil, anak-anak memiliki otak layaknya spons yang dapat dengan cepat menyerap informasi yang diterimanya, terlebih untuk imajinasi mereka sehingga jika mereka mendapatkan cerita, tentu akan terekam terus sampai mereka dewasa.

Untuk itu, Greenfields mengajak untuk para orang tua untuk berdongeng kepada anak-anak.

"Diharapkan untuk orang tua menceritakan kepada anak-anaknya di malam hari, kemudian juga membiasakan anak-anak untuk minum susu sebelum tidur," tutur Endang Wijayaningsih, Head Marketing PT AustAsia Food di acara yang sama.

Selain itu, Paman Gery juga mengingatkan bahwa cerita saat mendongeng sebenarnya tidak terlalu diutamakan. Sebab, yang paling penting adalah bagaimana orang tua dapat mengeratkan ikatan dengan sang buah hati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com