Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan Resesi Ekonomi dan Tren Nama Anak yang Makin Aneh

Kompas.com - 04/10/2016, 21:02 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber Glamour

KOMPAS.com – Tren unik tengah melanda Amerika Serikat, yakni memberikan nama anak yang terdengar aneh di telinga kebanyakan orang.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan Journal of Applied Social Psychology, jumlah orangtua milenium yang memberikan nama-nama aneh pada anak semakin tinggi.

Nama anak-anak dari selebriti dunia, seperti Apple (anak Gwneth Paltrow dan Chris Marting, North (anak Kim Kardashian dan Kanye West), dan Blue Ivy (anak Beyonce dan Jay-Z) bisa menjadi contoh nyata dan aktual.

Studi yang dilakukan oleh San Diego State University mengambil data dari pemerintahan AS yang mendokumentasikan 358 nama bayi.

Studi menemukan bahwa sepanjang tahun 2004 hingga 2015 tercatat dalam presentase besar nama-nama anak yang aneh jumlahnya terus meningkat.

Tren ini terus populer seiring dengan kondisi resesi ekonomi AS.

Ternyata, peneliti menemukan bahwa ada bukti sejarah mengenai kondisi resesi mendorong banyak orangtua memberikan nama anak mereka dengan nama yang tidak biasa dan cenderung nyentrik.

Peneliti menyimpulkan bahwa keadaan ekonomi yang tidak bersahabat berdampak keinginan banyak orang untuk menjadi unik.

Hal itu diaplikasikan oleh banyak orangtua milenium dengan pemberian nama aneh untuk anak-anak mereka.

Ketua penulis studi, Jean M Twenge, membeberkan spekulasinya bahwa kebanyakan orangtua modern dibesarkan dengan didikan untuk berani mandiri dan berani berbeda.

Alhasil, keinginan untuk selalu kreatif dan unik pun dikembangkan dengan mencari nama anak yang tidak biasa dan tidak pasaran.

Studi juga memperlihatkan bahwa pada masa resesi di waktu lalu juga terjadi ledakan anak-anak dengan nama aneh seperti yang sekarang tengah populer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Glamour
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com