Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Koleksi Kain Nusantara Ramaikan Selisik Batik Pesisir

Kompas.com - 06/10/2016, 11:35 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com -- Selisik Batik Pesisir, Pameran dan Pasar Batik, hadir di Bentara Budaya Jakarta mulai tanggal 5 hingga 9 Oktober.

Acara ini merupakan rangkaian puncak acara dari liputan khusus harian Kompas yang meliputi 18 daerah penghasil batik di Jawa, Sumatera, dan Papua.

Dalam acara pembukaannya, Jakarta, Selasa (4/10/2016), Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Ninuk Mariana Pambudi menjelaskan mengapa 18 daerah tersebut dipilih secara khusus.

“Sebagian daerah dipilih, karena daerah tersebut, antara lain Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Tuban, Banyuwangi, Batang, dan Banyumas, seperti tidak tersentuh gairah baru terhadap batik, dengan adanya pengakuan dunia terhadap batik,” tuturnya.

Peragaan busana dari koleksi batik yang berasal berbagai macam daerah pun turut menjadi pembuka acara ini.

Ada 10 koleksi kain dalam peragaan tersebut, di antaranya batik dari Papringan, Banyumas, dan Jawa Tengah dengan motif Godhongan Abang Soga.

Kemudian batik Lasem, Jawa Tengah, yang merupakan batik tiga negeri dengan motif Sekar Jagad.

Selanjutnya, merupakan koleksi batik dari Klaten, Jawa Tengah dengan motif Sidoluhur dari Bayat yang merupakan pengembangan dari Sidoluhur klasik.

Batik Gajah Oling asal Banyuwangi, Jawa Timur, juga hadir dalam peragaan busana.

Selain itu batik asal Garut, Tuban, Batang, Cirebon, dan Bengkulu pun hadir melengkapi peragaan busana pada acara tersebut.

Untuk Anda para pecinta batik yang ingin belajar dan memahami batik lebih dalam, silahkan menghadiri acara ini hingga 9 Oktober 2016 di Bentara Budaya Jakarta.

Tidak hanya pameran dan pasar batik, Anda juga bisa mengikuti talkshow dan workshop yang akan hadir pula di acara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com