Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Riset... Pribadi “Extrover” dan “Eksibisionis” Penggemar Berat "Selfie"!

Kompas.com - 07/10/2016, 16:03 WIB
Mikhael Gewati

Penulis


KOMPAS.com
–Kalangan dewasa, remaja, bahkan anak-anak pada hari-hari ini sudah jamak melakukan selfie alias potret diri. Bahkan, mereka tak sungkan mengunggah foto-foto itu ke media sosial. Bagaimana kajiannya dari sisi psikologi?

Sejumlah psikolog dari Jerman dan Polandia pernah meneliti fenomena ini. Hasilnya, mereka menyatakan orang-oran berkepribadian ektrover dan eksibisionis ternyata cenderung lebih sering posting foto potret diri ke media sosial.

Ektrover adalah orang yang suka berinteraksi dengan orang banyak. Adapun eksibisionis ialah pribadi yang suka memamerkan anggota tubuhnya ke khalayak ramai.

Riset yang sama mendapati, wanita lebih menyukai selfie dibanding pria.

Selain itu, penelitian tersebut juga menyebutkan pria dan wanita dengan egoisme tinggi dan kurang percaya diri adalah mereka yang tidak suka membagi foto selfie-nya ke media sosial.

Seperti dimuat medicaldaily.com, Minggu (13/11/2015), riset tersebut dilakukan dengan melibatkan 1.200 pria dan wanita.

Studi pertama melibatkan sekitar 750 pria dan wanita. Mereka diminta menghitung sendiri jumlah foto selfie yang sudah diunggahnya ke media sosial selama sebulan sebelumnya.

Penghitungan foto selfie dibagi menjadi tiga kategori, yaitu foto selfie sendiri, berdua dengan teman, dan bersama kelompok.

Hasilnya peserta pria dalam sebulan mem-posting potret diri sendiri ke media sosial rata-rata sebanyak 3,3 kali, sementara wanita 6,7 kali. Untuk unggahan foto selfie bersama-sama dalam grup, wanita rata-rata posting 6,7 kali dalam sebulan dan laki-laki hanya 2,6 kali.

Khusus foto selfie berdua dengan teman, wanita melakukan sekitar 1,72 per bulan, berbanding tipis dengan pria 1,2 kali per bulan.

Meski demikian, studi ini tidak menemukan adanya hubungan antara mengunggah potret diri ke media sosial dengan tingkat kepercayaan diri seseorang.

Pria egois suka ungguh foto selfie di Facebook

Nah, untuk studi kedua para psikolog merekrut mahasiswa untuk menghitung jumlah foto selfie teman-teman mereka di akun Facebook.

Sama seperti studi pertama, foto dibagi menjadi tiga kategori, yaitu foto selfie sendiri, berdua dengan teman, dan bersama kelompok.

MENSHEALTH.COM/ THINKSTOCK Ilustrasi

Dari hasil studi tersebut ditemukan hubungan erat antara tingkat kepercayaan diri pria dengan foto selfie yang diunggah ke Facebook.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com