Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/10/2016, 20:05 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com -- Menjaga hubungan tetap harmonis dan selalu romantis adalah hal yang tidak mudah untuk dilakukan, apalagi untuk hubungan jarak jauh yang sangat rentan keberhasilannya.

Ternyata, hal ini juga menarik perhatian para ahli untuk melakukan sebuah penelitian, yang hasilnya mengungkapkan bahwa hubungan jarak jauh bisa berhasil seperti hubungan lainnya.

Pada tahun 2015, para peneliti di Queen’s University melakukan riset kepada 1.142 pasangan dengan usia sekitar 20 tahun.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa hubungan jarak jauh memiliki tingkat kemesraan, komunikasi, dan komitmen yang sama dengan pasangan yang tinggal di area berdekatan.

“Dari penemuan ini, dapat disimpulkan bahwa karena adanya jarak yang jauh antar pasangan, maka memicu pasangan untuk berkomunikasi sesering mungkin,” kata Vinita Mehta, PhD, seorang psikolog klinik di Washington.

“Kalau Anda tinggal berdekatan dengan pasangan, Anda jadi kurang menghargai waktu yang disediakan oleh pasangan. Namun, halangan jarak yang dimiliki oleh pasangan jarak jauh justru menambah keintiman dan rasa rindu pada pasangan,”tambah Mehta

Tips dari Mehta untuk hubungan jarak jauh adalah komunikasi yang baik.

Lalu, jelaskan juga kepada pasangan tentang ekspektasi hubungan Anda, apakah nantinya kalian bisa tinggal di kota yang sama atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com