Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/10/2016, 10:33 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com – Koleksi busana muslim di Indonesia hadir dengan karakter dan gaya yang variatif. Tujuannya tentu saja agar para muslimah di Tanah Air memiliki banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan aktivitas masing-masing.

Mempercantik diri tidak dilarang dalam ajaran agama Islam selama sesuai dengan kaedah dan aturan menutup aurat serta lekuk tubuh wanita.

Seiring waktu, perkembangan busana muslim bergulir menarik dan kreatif. Ada pula yang menyebutnya dengan istilah busana halal.

“Kalau fashion mungkin kaidah. Jadi, busana halal itu yang sesuai dengan kaidah busana muslim,” jelas Irna Mutiara, perancang busana muslim, beberapa waktu lalu usai acara Indonesia International Halal Lifestyle Expo & Conference (IIHLEC) di Ciputra Artpreneur Jakarta.

Pemiliki lini Irna La Perle ini melanjutkan, busana halal adalah busana yang tidak membentuk tubuh dan tidak transparan.

Jadi, jika busana muslim terbuat dari kain transparan, maka harus menggunakan lapisan dalam sehingga tidak memperlihatkan lekuk tubuh.

“Jadi halal fashion seperti itu, yang pasti menutup semua kecuali muka dan telapak tangan,” imbuhnya.

Irna pun menekankan, penggunaan bahan untuk busana halal ini diperbolehkan selama tidak menggunakan kain dengan gambar makhluk hidup dan tidak merusak tubuh.

“Ada hadisnya gini, tidak boleh terlalu jelek juga dan tidak boleh terlalu glamour,” terangnya.

Terakhir, Irna menyarankan, sebaiknya tidak menggunakan busana yang ujungnya terlalu panjang hingga menyapu lantai. Namun, busana yang menutupi tumit sepatu masih diperbolehkan dalam aturan busana halal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com