Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/10/2016, 20:07 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com -- Pernahkah Anda berada di posisi yang tidak menyenangkan seperti memiliki perasaan lebih kepada pasangan sahabat atau sebaliknya?

Antara Mohanty, seorang arsitek, berbagi ceritanya  bahwa tujuh tahun yang lalu dia berada di posisi yang membingungkan ketika kekasih sahabatnya mencoba merayunya saat sahabatnya sedang keluar kota.

Akhirnya Antara memutuskan untuk menjauh  dan menghindari bertemu ketika sang sahabat sedang bersama kekasihnya dan menyebabkan jarak dalam persahabatannya.

Sebenarnya hal seperti sangat wajar terjadi. Namun, yang menjadi permasalahan adalah memahami arti dari hubungan yang akan dijalani dan memilih hubungan  mana yang ingin dipertahankan.

“Biasanya hal ini terjadi pada pasangan di usia 14 hingga 23 tahun, usia dimana seseorang masih merasa bingung dan tidak yakin pada hubungan mereka,” kata seorang psikolog klinis Renuka Shrinath

Sebagai contoh lainnya, seorang pekerja yang bergerak di bidang periklanan, Khyati Parekh, bercerita bahwa dia pernah mengalami kondisi sebaliknya.

Kekasih dari sahabatnya merupakan sahabat dari mantan Parekh. Awalnya mereka hanya sekedar bercerita, lalu mereka jadi lebih sering menghabiskan waktu berdua sampai keduanya pun saling jatuh cinta.

Hal yang paling menyedihkan adalah ketika Parekh harus jujur ke sahabatnya tentang hubungan mereka. Sahabatnya merasa sangat dikhianati dan kini mereka pun tidak lagi berteman.

Seorang penasihat hubungan, Shaila Naravan, mengatakan, beberapa hubungan saat ini sangatlah rapuh, banyak peraturan, dan mungkin masih ditambah dengan beberapa drama yang mewarnai hubungannya.

“Banyak orang yang menginginkan hubungan yang sederhana, tanpa ikatan, dan tidak rumit. Sangat wajar kalau pada akhirnya mereka bisa mencintai orang lain, walaupun sedang menjalani sebuah hubungan,” ucapnya.

Dari dua cerita di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa sebaiknya Anda tidak menjadi orang ketiga dalam hubungan sahabat dan kekasihnya.

Bagaimanakah cara  untuk menghindari terjadinya hal seperti ini? Simak tips di bawah ini.

  • Hindari terlalu sering pergi bersama dengan sahabat dan kekasihnya
  • Coba untuk fokus dengan hubungan persahabatan kalian
  • Manfaatkan waktu bersama sahabat ketika dia tidak bersama pasangannya
  • Ketika sahabat sedang bertengkar dengan kekasihnya, coba beri pendapat yang baik dan positif agar mereka rujuk kembali
  • Coba menyibukkan diri sendiri atau perdalam hobi Anda
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com