Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Penyebab yang Jadikan Kulit Wajah Sulit Cantik

Kompas.com - 19/10/2016, 11:01 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

Sumber

KOMPAS.com -- Wanita mana yang tidak ingin memiliki wajah mulus, bersih, cerah, dan awet muda? Anda tidak perlu produk mahal untuk mendapatkan kualitas kulit impian.

Cara praktisnya Anda harus segera mengurangi dan menghentikan kebiasaan buruk seperti terurai berikut ini:

Eksofiliasi berlebihan
Menggosok wajah secara perlahan untuk mengangkat lapisan kulit mati memang baik. Namun, jika dilakukan secara berlebihan, maka bisa berakhir buruk.

“Banyak orang secara rutin melakukan eksofiliasi dengan retinoid, asam alphahidroksi (AHA) dan pembersih wajah elektrik. Alhasil, wajah mereka pun menjadi merah dan iritasi,” ujar David Bank, MD, seorang dermatolog kosmetik di Mount Kisco, New York, AS.

Bank mengatakan bahwa jika kulit memperlihatkan ruam merah, maka ini saat yang tepat untuk menghentikan ritual eksofiliasi.

Masker wajah natural, kata Bank, merupakan cara tepat untuk meredakan ruam dan iritasi wajah.

Lupa menggunakan krim tabir surya
Sinar UVB yang bisa menyebabkan kulit terbakar lebih banyak terekspos di negara tropis, seperti Indonesia.

Sinar UVA merupakan sinar yang membuat warna kulit bergulir konstan sepanjang tahun. Namun, sinar ini tidak akan membuat warna kulit kembali normal setelah terbakar. Sebab, terlalu sering terekspos UVA membuat kulit cepat tua.

UVA selalu hadir mulai dari matahari terbit sampai dengan terbenam, sedangkan UVB intensitasnya memuncak pada pukul 10.00 sampai 16.00.

Menurut Arielle Kauvar, MD, seorang profesor klinis dengan konsentrasi dermatologist di New York, AS, kulit tubuh dan wajah yang tidak dilindungi dengan krim tabir surya akan timbul bercak-bercak coklat. Lalu, kasus terburuk adalah kulit kusam dan Anda terlihat jauh lebih tua dari usia sesungguhnya.

Tidur dengan wajah penuh riasan
“Tidur dengan riasan wajah, sisa minyak, dan kotoran bisa menghambat pori-pori sehingga berakhir dengan jerawat dan radang,” jelas Banks

Idealnya, Bank menyarankan untuk mencuci wajah sebanyak dua kali, pagi dan malam hari.

Tidur dengan wajah bersih menjadikan Anda awet muda, bebas jerawat, dan kulit jadi sangat bercahaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com