Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2016, 20:05 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com -- Teman yang baik akan selalu mendukung Anda, bukan sebaliknya. Coba perhatikan tanda-tanda dibawah ini untuk mengetahui apakah sahabat Anda memang teman yang baik atau bukan.

Dia selalu menambahkan kata-kata “tapi…”

Sahabat memuji tembok rumah Anda yang baru di cat, lalu menimpalinya dengan kata-kata tambahan seperti “tapi akan lebih baik kalau warnanya jangan seperti ini”.

Kritikan seperti ini kalau diteruskan bisa menjadi sumber masalah dari persahabatan Anda, kata Jared DeFife, PhD, psikolog di Atlanta, Georgia.

Sahabat seperti ini sebenarnya merasa bersaing dengan Anda, dan bukannya membuat temannya senang, justru dia akan berusaha menjatuhkan kebahagiaan Anda dengan kritikan halusnya yang bisa merusak suasana hati.

Dia tidak pernah menghubungi atau pun mengajak Anda untuk bertemu

Irene S. Levine, PhD, penulis buku Best Friends Forever: Surviving a Breakup with Your Best Friend mengatakan, walaupun sering mengobrol lewat telepon ataupun saling bertukar pesan, saya tetap membutuhkan waktu untuk bisa ngobrol langsung dengan sahabat saya.

Hal ini menujukkan bahwa sahabat cukup penting dan Anda mau meluangkan waktu untuk bersamanya. Kalau dia tidak pernah berusaha menghubungi Anda atau mencari tahu keadaan Anda, besar kemungkinan bahwa sebenarnya sahabat tidak pedulli dengan Anda.

“Kalau dia punya waktu untuk berbelanja ke mall, seharusnya dia juga punya punya waktu untuk bertemu dengan Anda,” tambah Levine.

Dia menggoda mantan Anda

Kalau sahabat Anda terlihat mulai tertarik dengan mantan, sebaiknya utarakan bahwa Anda tidak menyukai hal tersebut.

“Katakan saja hal yang mengganggu Anda dan tunjukkan pada sahabat kalau Anda ingin dia berubah,” saran April Mansini, seorang pakar hubungan dan etika. Jangan berasumsi sahabat akan mengerti tanpa melakukan apa-apa, Anda harus bersikap tegas untuk hal yang satu ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com