Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancang Ini Ubah Komentar Orang Lain Jadi Busana

Kompas.com - 21/10/2016, 17:06 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Seringkali penampilan wanita mendapat perhatian dari orang lain, baik itu komentar positif maupun negatif. Namun, seringkali komentar-komentar yang terlontar dari mulut orang lain ini membuat wanita menjadi tidak percaya diri.

Hal ini juga terjadi pada seorang perancang asal Inggris Jojo Oldham dan dia memutuskan untuk melawannya dengan cara yang luar biasa.

Jojo membuat sebuah busana yang bertuliskan komentar orang lain mengenai tubuhnya, mulai dari komentar positif tentang payudaranya hingga komentar yang menghakimi berat badannya.

Berwarna putih dan membentuk tubuh, serta terbuat dari bahan yang semi tipis, Jojo menggunakan cat berwarna-warni untuk menuliskan komentar-komentar tersebut.

Perancang ini kemudian berkata bahwa alasannya membuat busana ini bukan karena sombong atau pun meminta dikasihani, tetapi untuk mengubah semua pengalaman yang menyakitkan tersebut menjadi sesuatu yang positif.

Bahkan, menurut dia, gaun ini adalah caranya merayakan tubuhnya sendiri dan tidak memedulikan komentar orang lain.

“Aku ingin gaun ini secara keseluruhan menjadi (sesuatu yang) positif dan saya benar-benar ingin memakainya. Gaun ini bisa memperlihatkan bagaimana kita berbicara dengan diri sendiri dan orang lain,” katanya.

Bagian belakang gaun Jojo Oldham

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com