Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/10/2016, 15:34 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber ABC

KOMPAS.com -- Pada awalnya, teknologi komunikasi diciptakan untuk mendekatkan seseorang dengan orang lainnya. Namun, di masa modern ini, teknologi tersebut justru bisa menjadi penghalang atau bahkan, perusak hubungan Anda.

Banyak pasangan yang menundukkan kepala dan melihat ponsel masing-masing tanpa menghiraukan orang-orang di sekitarnya.

Padahal, menurut psikolog dan dosen Queensland University of Technology (QUT), Dr Zoe Hazelwood, hubungan romantis memerlukan percakapan untuk berhasil.

“Pasangan yang terfokus pada ponsel masing-masing melewatkan kesempatan penting untuk berkomunikasi secara efektif dalam hubungan dan berbagi banyak hal,” ucapnya.

Menurut Dr Hazelwood, ada banyak pasangan yang berkonsultasi dengan dirinya karena tidak bisa berkomunikasi satu sama lain.

“Aku rasa beberapa kasus disebabkan karena mereka tidak berusaha, karena gadget-gadget yang membuat kita bisa menghindari percakapan-percakapan yang penting,” tuturnya.

Untuk menyelamatkan hubungan, Dr Hazelwood menyarankan Anda untuk memikirkan kembali alasan selalu memegang ponsel. Menurut dia, banyak orang memegang ponsel tanpa alasan.

“Diperlukan sebuah kesadaran dari diri sendiri bahwa Anda mengorbankan waktu yang berkualitas bersama pasangan setiap kali memegang ponsel,” katanya.

Anda harus tahu kapan waktu untuk menghargai keberadaan pasangan dan mematikan ponsel.

Terakhir, Dr Hazelwood meminta Anda untuk bertanya kepada diri sendiri, apakah Anda telah melungkan waktu untuk bersama pasangan tanpa teknologi pada hari ini?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ABC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com