Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2016, 19:04 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

Sumber bustle.com

KOMPAS.com – Banyak sekali orang yang merasa sudah dewasa, tetapi berperilaku dan memiliki pemikiran yang belum matang. Penyebabnya ada beberapa faktor seperti terlalu dimanjakan orang tua.

Untuk Anda yang merasa sudah dewasa, sebaiknya melakukan refleksi ulang dan menilai kembali.

Berikut ini merupakan tanda-tanda bahwa Anda belum bisa berpikir dewasa:

1. Emosional

Sepanjang hidup, akan ada banyak kesempatan di mana Anda harus menghadapi sesuatu yang tidak menyenangkan. Seseorang yang belum dewasa bereaksi dengan kemarahan sebelum berpikir untuk mencari solusinya.

“Hal yang matang adalah menjadi responsif, di mana Anda berpikir dahulu dan kemudian merespon. Anda tidak akan cepat marah dan agresif jika Anda dewasa," kata Tina B. Tessina, PhD, seorang pakar psikologi.

2. Anda tidak dapat mengontrol diri

Memiliki kontrol diri berarti Anda berpikir tentang saat ini dan mengakui masa depan. Sebab, tindakan yang dilakukan saat ini dapat mempengaruhi peristiwa di masa depan. Kontrol diri sendiri ini juga penting ketika Anda harus membuat keputusan yang sulit.

3. Selalu menyalahkan orang

Seseorang yang tidak berpikir dewasa biasanya condong tidak mau disalahkan, bahkan mereka akan menyalahkan orang lain atau pun hal-hal lainnya.

“Terus-menerus menyalahkan orang lain atas tindakan Anda adalah tanda bahwa cara berpikir Anda belum matang. Bila salah, jangan mencari kesalahan orang lain untuk menyelamatkan diri Anda sendiri,” kata pakar psikolgi, Elliot D. Cohen, PhD.

Menjadi dewasa tidak berarti Anda harus selalu serius sepanjang waktu, yang terpenting adalah mengetahui prioritas dan menangani situasi tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com