Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Busana Ini Ilustrasikan Matahari Terbenam di Pantai Nirwana Padang

Kompas.com - 25/10/2016, 16:41 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Sekitar 10 tampilan busana koleksi desainer Indonesia, Monika Jufry, hadir di Jakarta Fashion Week yang bertajuk ‘Urang Rantau’. Menariknya, koleksi tersebut terinspirasi dari matahari terbenam.

“Saya mengambil inspirasi dari salah satu pantai di Padang yaitu Pantai Nirwana, ketika sunset itu warnanya seperti itu,” tutur Monika Jufry usai peragaan busana dalam Jakarta Fashion Week 2017 di Senayan City Jakarta, Senin (25/10/2016).

Warna-warna yang hadir dalam koleksi Monika seperti warna matahari terbenam tadi, di antaranya warna navy, salmon, dan dark turquoise yang menurut dia akan menjadi tren pada tahun 2017.

Lalu, 10 koleksi Monika juga sangat kental dengan sulaman kapalo samek, yang tampak seperti bordir.

Memiliki arti sulaman kepala peniti, kapalo samek, akan tampak bulat-bulat jika dilihat dari dekat.

Monika juga menjelaskan bahwa sulaman ini merupakan asli buatan tangan yang waktu produksinya lebih lama karena tidak menggunakan mesin.

“Persiapannya tiga bulan, kalau kesulitannya ada pada waktu. Karena ini langsung dari pengrajin dan kita berkoordinasi lumayan lama,” ucapnya.

Dia melanjutkan, sulaman yang diaplikasikan pada koleksinya tersebut merupakan kreasi dari para pengrajin.

Melalui koleksinya ini, Monika berharap dapat memperlihatkan kepada masyarakat luas bahwa kain tradisional tidak harus selalu bertampilan etnik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com