Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Foto yang Sebaiknya Tidak Diunggah ke Media Sosial

Kompas.com - 26/10/2016, 11:35 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com -- Kejahatan di dunia maya sangat bermacam-macam. Oleh karena itu, Anda harus pintar dan sangat berhati-hati sebelum mengunggah apapun ke media sosial. Foto apa saja yang sebaiknya tidak Anda unggah?

Boarding pass

Anda pasti sangat bersemangat menjelang liburan yang akan datang dan sekarang ini banyak sekali orang-orang yang mengunggah boarding pass ke media sosial. Tanpa disadari, hal ini bisa berdampak negatif untuk keamanan Anda.

Dengan mengunggah boarding pass ke media social, secara tidak langsung Anda memberitahukan nama lengkap dan tujuan perjalanan.

Bukan hanya itu, Brian Krebs, seorang pakar investigasi dan kejahatan cyber yang juga penulis dan pendiri Krebsonsecurity.com berkata bahwa data lainnya juga bisa beresiko tinggi.

Dengan melihat kode QR yang ada di boarding pass, para peretas bisa mengakses nomor telepon, alamat rumah, tanggal lahir, dan bahkan data paspor Anda. Berdasarkan tanggal keberangkatan dan kepulangan Anda, peretas juga dapat mengetahui kondisi rumah yang kosong.

Uang

Mengunggah foto cek, uang, atau pun kartu kredit juga sangat tidak disarankan dan bisa menyebabkan masalah untuk Anda. Hal ini bisa menyebabkan Anda jadi korban perampokan.

Hindari foto yang bisa memberikan informasi keuangan Anda ke media sosial, seperti halnya nama bank, nomor kartu, atau pun nomer rekening Anda.

Email pekerjaan yang bersifat rahasia

Sebaiknya jangan mengunggah apapun yang menyangkut pekerjaan di media sosial, terutama kalau dokumen itu bersifat rahasia dan dapat dilihat oleh pihak kompetitor.

Apalagi kalau kantor mengeluarkan kebijakan atau pun ide untuk strategi perusahaan yang baru, jangan sampai Anda menyebarluaskan strategi tersebut. Pembicaraan antara Anda dan rekan kerja juga sebaiknya tidak diunggah ke media sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com