Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/10/2016, 15:08 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com -- Hidup sebagai wanita di era modern ini tidaklah mudah. Sebab, berbagai tugas harus dihadapi, mulai dari pekerjaan di kantor yang selalu menumpuk, kemacetan jalan raya yang sulit diajak berdamai, serta kewajiban untuk menyiapkan makanan dan mengurus keperluan rumah.

Hal ini kadang bisa membuat kita kesal dan mudah marah tanpa alasan tertentu. Ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini.

Kurang tidur dan kurang istirahat

Buatlah tidur sebagai prioritas Anda. Kalau Anda ingin menjaga suasana hati, ada baiknya Anda memperhatikan kualitas dari istirahat. Sebab, badan harus beristirahat setidaknya tujuh sampai sembilan jam per hari.

Steven Lamm, MD profesor klinis dan direktur dari NYU Langone Medical Center mengatakan, tidur sangat penting untuk kesehatan Anda, ketika Anda lelah maka Anda akan merasa kesal.

Terlalu banyak mengonsumsi kafein

"Kafein adalah zat kimia yang memiliki dampak yang kuat pada otak," kata Dr Lamm.

Mengonsumsi terlalu banyak kafein, dapat menyebabkan Anda lelah dan mudah marah.

Anda juga akan sangat merasa kesal bila setelah Anda mengonsumsi kopi tetapi belum bisa menyelesaikan urusan. Anda juga bisa merasa pusing kalau mengonsumsi kopi dalam jumlah yang terlalu banyak

Merasa Gelisah

Mencemaskan pekerjaan atau acara yang akan datang bisa membuat pikiran selalu cemas, gelisah dan tidak tenang.

Jeffrey Deitz, MD, psikiater dari Frank Netter School of Medicine of Quinnipiac University New York mengatakan, ketika orang merasa gelisah, gairah mereka akan meningkat dan kecemasan tersebut akan terasa lebih mengganggu lagi.

“Bagi orang lain, mungkin hal ini terasa biasa saja, tapi mereka yang merasa gelisah, hal ini bisa membuat mereka jadi mudah marah dan suka berteriak,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com