Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solusi Bagi Anda yang Kurang Peka Perasaan Orang Lain

Kompas.com - 29/10/2016, 16:09 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com -- Bila membaca artikel ini, kemungkinan besar Anda pernah disebut sebagai orang yang kurang peka atau sensitif.

Walaupun hal ini tampaknya tidak dapat diubah, ternyata ada beberapa cara yang dapat membuat Anda menjadi orang yang lebih sensitif dan peka terhadap orang lain.

Perhatikan bahasa tubuh dan wajah lawan bicara Anda

Howard Gurr, PhD, DCC, seorang psikolog di New York mengatakan, orang yang tidak sensitif cenderung tidak dapat melihat kondisi yang sedang terjadi. Mereka tidak mengerti bahwa mereka bersikap tidak sensitif dan tidak memperhatikan kondisi sekitar.

Pada saat berbicara dengan lawan bicara Anda, coba lihat keadaan sekitar, apakah Anda mendapatkan sebuah tatapan aneh atau ada perubahan ekspresi pada wajah lawan bicara?

Kalau hal ini terjadi, kemungkinan Anda sudah mengatakan suatu hal yang kurang pantas atau menyinggung perasaan lawan bicara.

Coba menerima beberapa masukan dari lawan bicara Anda

“Orang yang tidak sensitif biasanya tidak mau mendengarkan opini atau pendapat orang lain,” ucap Gurr.

Anda harus sadar bahwa pendapat Anda bukanlah satu-satunya pendapat yang paling tepat untuk memecahkan segala permasalahan. Untuk memecahkan sebuah hal yang besar, sebaiknya Anda meminta satu atau dua pendapat tambahan dari orang-orang di sekeliling.

Coba mengingat nama orang ketika berkenalan

Orang yang tidak peka dan tidak sensitif cenderung mengalami kesulitan untuk mengingat nama lawan bicaranya. Hal ini karena mereka tidak memperhatikan apa saja yang dibicarakan oleh lawan bicaranya.

Sebaiknya coba buat kesan pertama yang baik saat pertama kali berkenalan dengan orang yang baru.

Belajar mengontrol sikap Anda

“Coba belajar untuk menyampaikan suatu hal sesuai dengan yang Anda maksud tanpa menyakiti perasaan orang lain saat mengucapkannya,” tambah Gurr. Hindari penggunaan nada tinggi dan kata-kata kasar saat menyampaikannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com