Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentuk Perut Hamil Menonjol Artinya Janin Anak Lelaki, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 30/10/2016, 11:02 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

Sumber parade

KOMPAS.com — Tradisi menebak-nebak janin yang dikandung ibu hamil sudah ada semenjak zaman nenek moyang.

Dulu, jauh sebelum ada perkembangan teknologi yang menghadirkan mesin USG atau alat medis lainnya, para orangtua memprediksi janin dalam kandungan lewat memperhatikan bentuk perut ibu hamil.

Jadi, apabila perut ibu hamil menonjol, maka anak yang dikandung adalah lelaki. Namun, jika perut ibu hamil cenderung lebar, maka anak yang dikandung adalah bayi perempuan.

Selain itu, permainan tebak-tebak jenis kelamin bayi juga dilakukan berdasarkan tingkat mual dan morning sickness ibu hamil.

Rasa mual dan muntah-muntah hebat di pagi hari menandakan Anda mengandung bayi perempuan. Sebaliknya, mual dan muntah-muntah tidak terlalu parah dan tidak terjadi pada pagi hari, maka bisa jadi Anda mengandung anak lelaki.

Menurut dr Lisa Masterson, obgyn dan mantan presenter acara The Doctors, tidak ada kebiasaan dan ciri-ciri bentuk tubuh ibu hamil yang akurat menandakan jenis kelamin bayi.

Ia mengatakan bahwa prediksi jenis kelamin bayi, sekalipun lewat USG, ketepatannya adalah 50-50.

“Tidak ada studi yang menyahihkan teori bentuk perut ibu hamil bisa menentukan jenis kelamin janin. Ketepatan jenis kelamin baru terlihat ketika anak sudah lahir. Anda jangan termakan dengan segala teori tanpa landasan ilmiah dan mitos. Jangan pertaruhkan kesehatan janin Anda,” urainya.

Selain itu, dr Masterson juga mematahkan mitos bahwa makanan pedas bisa mempercepat stimulasi persalinan.

“Sama sekali tidak benar. Memang banyak kejadian ibu hamil mulas dan melahirkan setelah makan pedas, itu hanya kebetulan. Sebab, banyak pula ibu hamil yang sesudah makan santapan pedas dan tidak menghadirkan tanda-tanda persalinan,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com