Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2016, 17:06 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com — Riasan wajah adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari wanita. Riset dari TNS U&A pada tahun 2014 juga menemukan bahwa 80 persen wanita menggunakan tata rias dalam aktivitas sehari-hari.

Menggunakan riasan wajah sebenarnya sah-sah saja. Yang jadi permasalahan adalah ketika wanita yang menggunakan riasan wajah lantas malas untuk membersihkannya.

Padahal, membersihkan wajah merupakan salah satu hal terpenting dari perawatan wajah, apalagi jika sudah mengenakan riasan wajah seharian.

“Pembersih tentu sudah mutlak diperlukan, apalagi untuk aktivitas sehari-hari. Saya yakin wanita-wanita tentu sering menggunakan make-up sehari-harinya,” ujar dr Tina Wardhani Wisesa, spesialis kulit dan kelamin, dalam acara The Nivea Experience di Jakarta, Rabu (2/11/2016).

Dia melanjutkan, wanita yang selalu merias wajahnya setiap hari sangat dianjurkan untuk membersihkan wajah secara rutin pula.

Sebab, tata rias yang tidak dibersihkan dan bahkan secara tidak sengaja terbawa tidur akan memicu terjadinya komedo dan jerawat.

Selain itu, jika Anda rajin membersihkan tata rias dengan pembersih wajah, maka kotoran dari pori-pori dan sel-sel kulit mati yang ada pada kulit juga akan terangkat.

Dokter juga menyarankan agar kita memilih jenis pembersih yang cocok untuk kulit masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com