Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/11/2016, 14:36 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber bustle.com

KOMPAS.com — Ketika hari Minggu malam tiba, pasti Anda mempunyai perasaan malas untuk bekerja pada keesokan harinya setelah libur dua hari pada akhir pekan. Selain Anda, ada banyak orang tidak menyukai hari Senin.

Untungnya, ada beberapa cara untuk mengatasinya, simak tips di bawah ini:

Rencanakan makan siang dengan sahabat ataupun pasangan Anda

Daripada terus-menerus mengeluh tentang pekerjaan yang harus Anda lakukan pada hari Senin, jadwalkan untuk bertemu sahabat ataupun pasangan sebelum hari Senin berakhir. Anda akan merasa lebih senang setelah bertemu dengan mereka dan tidak lagi merasa jenuh pada hari Senin.

“Beberapa orang harus menunggu hingga akhir pekan untuk bersama dengan orang yang disayangi, tetapi tidak ada salahnya untuk memulainya lebih cepat pada hari Senin untuk memberikan dukungan dan motivasi menghadapi pekerjaan lima hari ke depan,” kata psikolog klinins Kim Chronister.

Gunakan cuti Anda

Kalau Anda tidak suka hari Senin, coba ambil hari libur atau cuti pada hari itu dan pergilah berlibur tanpa perasaan bersalah, kata seorang psikiater dan penulis Karen R Koenig.

Pikirkan hal positif tentang pekerjaan Anda

Daripada mengeluh tentang pekerjaan yang Anda benci, sebaiknya syukuri atas apa yang dimiliki saat ini. “Ingatkan diri Anda untuk menyukai apa yang dikerjakan, tantangannya, dan hasil akhir yang selalu bisa membuat Anda puas dan lega,” tambah Koenig.

Berpakaian yang rapi

Perasaan Anda akan menjadi lebih senang kalau Anda bisa tampil sebaik mungkin. Pada malam sebelumnya, siapkan pakaian yang bisa membuat Anda terlihat lebih baik untuk menghadapi hari Senin. Wanita atau pria yang tampil baik akan bisa menaklukkan pekerjaannya seminggu ke depan.

Dengarkan musik

Mendengarkan musik yang menyenangkan bisa mengubah suasana hati Anda menjadi lebih baik.

“Musik memiliki dampak yang besar untuk suasana hati Anda, pilih lagu yang bisa membuat Anda tersenyum dan memberikan energi lebih untuk menghadapi pekerjaan,” kata Todd Dean, pendiri Wirkn’s.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com