Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Berikan Pujian untuk Atasan pada Surat Pengunduran Diri

Kompas.com - 08/11/2016, 11:01 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

KOMPAS.com – Mengundurkan diri dari pekerjaan, meski sudah mendapatkan pekerjaan baru tidak selalu mudah.

Tak ayal mengundurkan diri bisa menciptakan dilema pada sebagian karyawan. Sedih karena harus berpisah dengan rekan-rekan kerja yang suportif. Bahagia karena tak lagi harus bertemu “ular-ular” di kantor yang menyebabkan Anda tertekan dan pekerjaan terasa hambar.

Namun, senelangsa dan semarah apapun Anda pada perusahaan lama lebih baik hal itu jangan sampai menodai momen pengunduran diri.

Salah satu kesalahan dalam perjalanan karier seseorang adalah berhenti kerja tidak baik-baik dan meninggalkan kesan buruk di kantor lama.

Menurut Anthony C. Klotz, seorang asisten profesor dari Oregon State University’s College of Business, langkah terbaik untuk mengundurkan diri adalah mendiskusikannya dengan atasan langsung Anda.

“Jika Anda memiliki hubungan yang dekat dan profesional dengan atasan. Lebih baik sampaikan informasi pengunduran diri padanya sebelum memberikan surat resmi pada bagian SDM,” jelas Klotz.

Kemudian, seorang pelatih dan konsultan bisnis, Sandara Lamb, menyarankan untuk menuliskan pujian pada atasan langsung Anda tersebut dalam surat pengunduran diri.

“Kesampingkanlah emosi dan amarah, jika ada. Akhiri masa kerja dengan nuansa yang positif,” terang Lamb.

Memberikan pujian pada atasan mencitrakan bahwa Anda seorang profesional sejati yang mampu membatasi persoalan pribadi dan pekerjaan.

“Mengutarakan hal-hal baik mengenai atasan tidak langsung memberikan nilai baik untuk atasan, tetapi membuat citra diri Anda semakin baik,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com