Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Menggunakan Pembersih Wajah Berlapis-lapis

Kompas.com - 11/11/2016, 14:07 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Membersihkan wajah tentu merupakan salah satu hal penting saat Anda merawat wajah. Namun, terkadang ada wanita yang suka menggunakan bermacam-macam pembersih wajah sekaligus.

Ternyata, hal ini tidak dibenarkan oleh seorang spesialis kulit dan kelamin, Dr Tina Wardhani Wisesa, SpKK (K), FINSDV, FAADV.

“Jangan semuanya dipakai seperti sabun, cleanser, foam toning, itu terlalu berat untuk kulit kita,” tuturnya beberapa waktu lalu dalam acara The Nivea Experience di Jakarta.

Dia menjelaskan, untuk membersihkan wajah, Anda bisa memilih satu dari banyak macam, misalnya cukup hanya dengan menggunakan cleansing dan toner.

Bahkan, saat ini ada pembersih yang dengan sekali pakai sudah bisa membersihkan semua kotoran pada wajah.

Bila Anda tidak bisa menemukan pembersih khusus ini, menggunakan foam atau sabun saja, menurut Dr Tina, sudah cukup untuk membersihkan wajah.

Lalu, sangat disarankan pula untuk menggunakan sabun atau foam ini sebelum tidur untuk mengangkat kotoran yang ada di kulit wajah.

Akan tetapi, jika Anda adalah seseorang yang seringkali bahkan setiap hari menggunakan riasan wajah, sebaiknya bersihkan wajah anda sesuai dengan langkah-langkah yang ada agar kotoran make up tidak menempel pada wajah.

“Banyak sekali sisa make up ini yang mungkin pada kulit berminyak bisa memicu terjadinya komedo dan jerawat,” ucapnya.

Untuk itu, Dr Tina menyarankan Anda untuk membersihkan kulit secara terus menerus dan berkesinambungan sejak dini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com