Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2016, 20:32 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Seperti yang dijelaskan sebelumnya, keberadaan pasangan yang mempunyai tendensi mengontrol bisa merusak kehidupan Anda. Namun, seringkali Anda baru mengetahui sifat ini ketika sudah terlambat dan terlanjur sayang.

Bagaimanakah cara mendeteksi si tukang atur?

Brandy Engler, seorang psikolog dan pakar hubungan, mengatakan, seseorang yang mempunyai tendensi ini bersikap seakan-akan mereka punya hak untuk selalu menghubungi dan mengetahui informasi pribadi Anda.

Lalu, ketika dia merasa Anda menjauh, tukang atur menjadi marah atau bersikap terlalu dramatis.

Dia melanjutkan, pada tahap awal hubungan, pria yang suka mengontrol biasanya sangat bergairah dan memberi Anda banyak perhatian.

Walaupun pada awalnya hal ini terasa menyenangkan, tetapi lambat laun Anda akan merasa mereka terlalu menuntut dan membuat Anda gerah. Sayangnya, ketika Anda menarik diri, seseorang yang tukang atur malah marah dan semakin berusaha mengontrol.

“Jika Anda tidak menurut, orang seperti ini akan merendahkan Anda, menghina secara emosional atau lebih buruknya lagi, bersikap kasar pada dirinya sendiri atau Anda,” ucap Engler.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com