Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2016, 11:06 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Memasak makanan khas Indonesia tentunya tidak luput dari berbagai macam bumbu. Seperti yang dijelaskan oleh Chef Stefu bahwa bahan dasar makanan Indonesia adalah bumbu putih, merah, dan kuning.

Akan tetapi, selain ketiga bumbu ini, masakan Indonesia yang lezat juga membutuhkan bahan lainnya seperti kunyit.

Perlu Anda ketahui, ternyata kunyit ini merupakan salah satu bahan masakan yang penting karena bisa memengaruhi keberhasilan masakan.

"Kunyit adalah salah satu faktor yang membuat makanan itu jadi berhasil atau tidak berhasil," ucap Chef Stefu dalam acara Indonesian Cooking Class di Modena Experience Centre Jakarta, Sabtu (12/11/2016).

Dia melanjutkan, jika kunyit tidak matang saat dimasak, maka bisa membuat makanan tersebut malah menjadi bau.

"Jadi kunyitnya harus matang dulu sehingga proses awalnya lebih lama karena mematangkan kunyit memang tidak mudah," ujarnya.

Chef Stefu juga menyarankan untuk berhati-hati kala mematangkan kunyit. Sebab, jika Anda menggunakan api terlalu besar, bisa membuat kunyit hangus.

Sementara itu, jika kunyit tidak cukup kematangannya maka masakan tersebut bisa berbau seperti muntah.

Menurut Chef Stefu, kunyit yang sudah matang akan mulai memisahkan minyak dan kunyitnya sendiri. Sementara itu, teksturnya juga mirip dengan daging kelapa yang dimasak.

Selain itu, dia juga menyarankan untuk menggunakan kunyit yang segar dibandingkan dengan kunyit bubuk. Sebab, kunyit bubuk aromanya lebih sulit untuk dinilai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com