Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Masalah dalam Hubungan Diceritakan kepada Teman?

Kompas.com - 16/11/2016, 11:03 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com -- Sebagai wanita dewasa, tentu saja Anda sudah melihat berbagi alur kehidupan, mulai dari pekerjaan sampai kehidupan percintaan teman-teman dekat Anda. Tentu, untuk mendapatkan informasi ini Anda juga perlu terbuka kepada teman-teman Anda.

Namun, apakah Anda terlalu sering bercerita tentang hubungan pribadi?

Anda tidak perlu khawatir atau merasa buruk dengan menceritakan hubungan Anda ke teman-teman. Hubungan asmara antara Anda dan pasangan tidak selalu mulus bahkan, sering kali dipenuhi drama dan mengalami pasang surut.

“Berbagi cerita mengenai perasaan dan meminta beberapa pendapat dari teman mengenai isu yang sedang terjadi dalam hubungan Anda bisa meringankan beban dan memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada,” kata seorang psikolog klinis Joseph Cilona, PsyD, di Manhattan.

Akan tetapi, apakah pasangan Anda juga melakukan hal yang sama?

Biasanya pria tidak mudah terbuka, apalagi menceritakan hal yang terlalu pribadi dengan orang lain.

Oleh karena itu, salahkah jika Anda menceritakan tentang hubungan dengan pasangan ke teman-teman?

Jika pasangan Anda bercerita tentang hal yang bersifat rahasia, dan Anda menceritakan hal tersebut pada teman-teman, bisa dipastikan bahwa hal ini bisa menjadi masalah dalam hubungan.

Masalahnya juga bisa menjadi lebih besar jika Anda meminta tolong pada sahabat untuk berbicara ke pasangan mengenai isu dalam hubungan. Sebab, pasangan akan merasa hubungannya dicampuri oleh pihak lain yang tidak memiliki kepentingan.

Ingat, jangan sampai Anda merasa lebih leluasa berbicara dengan teman ketimbang dengan pasangan. Hal ini bisa menghancurkan hubungan Anda dengan pasangan.

Pada intinya, tidak masalah menceritakan hubungan Anda dengan pasangan ke teman-teman selama hal ini tidak bersifat rahasia atau bisa menjatuhkan harga diri pasangan di mata sahabat-sahabat Anda.

Jadi sebaiknya Anda memilih dengan baik, hal apa saja yang boleh diceritakan tentang hubungan. Mungkin Anda bisa menceritakan garis besarnya saja dan pastikan ketika Anda menceritakan tentang hubungan, jangan terdengar seperti menjelekkan atau menjatuhkan pasangan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com