Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/11/2016, 14:04 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Kain batik semakin hari kian digemari oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Hal ini tidak mengherankan. Sebab, kain batik hadir dalam beragam warna dan motif serta bersifat serba guna. Dia tidak hanya bisa digunakan sebagai sarung, tetapi sudah berkembang menjadi busana sehari-hari yang digunakan oleh masyarakat Indonesia.

"Sekarang batik bukan hanya dijadikan sarung saja," ujar perancang busana Indonesia, Carmanita, dalam acara Kenal Lebih Dekat dengan Carmanita di Alun-alun Indonesia Jakarta, Senin (14/11/2016).

Dia melanjutkan, dengan berkembangnya kain batik yang tadinya hanya sarung, dan sekarang dibuat menjadi busana, tentu membutuhkan kain yang panjang. 

Biasanya ukuran panjang kain batik sendiri adalah sekitar 2,5 meter. Akan tetapi menurut Carmanita, lebih baik untuk membuat kain batik sepanjang 3 sampai 3,5 meter.

"Saya bina pengrajin untuk buat kain 3 sampai 3,5 meter, karena kainnya pasti cepat laku," ucapnya.

Carmanita tidak ragu untuk menambah kain menjadi lebih panjang dengan demikian, pembeli lebih bebas untuk mengkreasikan kain tersebut.

Lalu, Carmanita juga berkata bahwa dia tidak mengubah rancangan yang dibuat oleh pengrajin. Sebab, itu adalah karya mereka dan dia ingin membebaskan para pengrajin untuk berkreasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com