Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Kehadiran Karyawan Baru Bisa Jadi Akhir Karier Anda

Kompas.com - 20/11/2016, 19:06 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber bustle.com

KOMPAS.com -- Jika Anda pernah dipecat atau diberhentikan karena kontrak kerja tidak diperpanjang, maka akan ada beberapa rasa khawatir yang selalu menghantui. Untuk mencegah hal tersebut terulang kembali, Anda harus mengetahui beberapa tanda-tandanya.

“Ketika Anda sedang merasa tidak termotivasi, sedangkan karir berasa diujung tombak, saat itulah Anda harus melakukan pekerjaan sebaik mungkin”, kata Amanda Augustine, seorang pakar karir.

Jika Anda diberikan tugas yang sulit sekalipun, selesaikan secepatnya. Jangan biarkan manajemen menemukan alasan untuk memecat Anda.

Namun, jangan lupa juga untuk selalu waspada dan memiliki rencana seperti memperbaharui profil Anda di LinkedIn, sebuah media sosial yang berfokus pada karier.

Mulailah memperluas jaringan Anda dan coba tanyakan ke beberapa teman mengenai lowongan pekerjaan di kantor mereka.

Hadirnya seorang karyawan baru yang mengerjakan tugas-tugas Anda

Kalau tugas-tugas yang biasa Anda kerjakan didelegasikan ke karyawan lain, ini bisa jadi pertanda bahwa manajemen mempunyai rencana untuk memberhentikan Anda, kata pelatih karir Cheryl E Palmer, MEd, CECC, CPRW.

Rekan kerja mulai menjauhi Anda

Jika Anda merasa rekan kerja tiba-tiba memberi jarak, bisa jadi mereka tahu sesuatu yang tidak Anda ketahui.

Atasan selalu memeriksa Anda

Berhati-hatilah ketika mendapati sikap atasan yang tidak wajar, misalnya selalu menanyakan keberadaan Anda atau pun selalu mengawasi pekerjaan yang Anda lakukan. Hal ini bisa jadi tanda kalau atasan tidak mempercayai Anda dan sedang berencana untuk memecat Anda.

Atasan tidak lagi memedulikan Anda

Tiba-tiba sikap atasan yang awalnya baik dan ramah berubah menjadi dingin. Bahkan terasa bahwa atasan tidak lagi memedulikan kehadiran Anda.

Kalau hal ini terjadi, sebaiknya Anda mulai khawatir dan segera bersiap-siap untuk memperbaharui resume.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com