Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/11/2016, 06:09 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com — Jalinan hubungan antara seorang anak dan ibu merupakan hubungan yang tiada hentinya walaupun Anda sudah menikah dan memiliki keluarga sendiri.

Hal ini diceritakan oleh salah seorang selebriti Indonesia, Tya Ariestya, yang mendapatkan cara kasih sayang yang berbeda dari sang Ibu.

“Pengalaman aku lebih dididik secara disiplin. Mamaku sangat sayang aku dan dia lebih menunjukkan kasih sayangnya dengan perbuatan,” ujarnya dalam acara kampanye Nivea #PSILOVEMAMA di Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Dia juga menjelaskan bahwa walaupun sang ibu kerap kali memberikan sentuhan, kasih sayang tersebut cenderung lebih banyak diekspresikan lewat perbuatan.

“Sampai sekarang, kalau aku sakit pasti udah nggak tahan, lalu nangis dan teriakan pertama panggil mama. Akhirnya langsung telepon mama,” tambahnya.

Sementara itu, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, psikolog Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPTUI), berkata bahwa sentuhan terhadap anak itu sangat penting dalam membuat anak tumbuh dan berkembang lebih baik, lebih tenang, dan pandai bergaul.

Oleh karena itu, Tya pun berusaha memperbaiki apa yang didapat dari orangtuanya.

“Aku usaha keras mau memperbaiki itu, mungkin memperbanyak sentuhan aja bukan perkataan,” pungkasnya,

Kini, Tya pun membiasakan diri untuk selalu mengelus anak-anaknya sebelum tidur dan lebih sering mengucapkan "I love you" kepada anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com