Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kesalahan di Medsos yang Dapat Merusak Hubungan Anda

Kompas.com - 29/11/2016, 19:04 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com -- Sebut saja, Instagram, Facebook, Twitter, Snapchat, dan LinkedIn adalah beberapa cara untuk terus berhubungan di media sosial tanpa batas, tetapi jangan sampai hal ini mempengaruhi kehidupan nyata Anda.

Simak beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan di media social.

Jangan mengunggah foto tanpa izin

Walaupun momen bahagia bersama keluarga dan teman sebaiknya diabadikan di media sosial, tetapi terkadang Anda merasa tidak ingin foto tersebut diunggah karena belum dandan atau hal lainnya.

Kalau pernah merasakan hal ini, pasti Anda juga dapat mengerti ketika orang lain merasakan hal yang sama.

Rachel Sussman, seorang terapis dan pakar hubungan, mengatakan, biasakan bertanya sebelum Anda mengunggah foto orang lain, hal ini akan menghindari Anda dibenci oleh kerabat dan teman.

Jangan gunakan media sosial ketika sedang marah

Media sosial bukan diciptakan untuk menjelekkan pihak tertentu atau pun memberikan komentar pedas yang dapat menyakiti hati kerabat Anda. Sussman menyarankan untuk menggunakan media social sebagai tempat menyebarkan berita positif tentang diri Anda.

Kalau Anda sedang marah dan ingin mencurahkannya di media sosial, sebaiknya pikirkan berkali-kali, segera tarik nafas yang panjang, dan jauhkan diri dari gadget.

Jangan memberikan informasi yang berlebihan

Media sosial bersifat sangat terbuka dan umum, bukan sebuah buku harian yang hanya dibaca oleh Anda sendiri. Menulis apapun di media sosial artinya Anda berbagi informasi kepada dunia.

Psikolog Dr Stan Tatkin memperingatkan, memberikan informasi yang berlebihan dapat merugikan hubungan Anda. Setiap hubungan pasti memiliki perbedaan jadi sebaiknya Anda menanyakan pada pasangan ketika ingin mengunggah apa pun di media sosial.

Jangan berbohong

Ketika Anda berbohong di media sosial, biasanya kebenarannya akan segera terungkap.

Sebagai contoh adalah menuliskan sedang berada di satu tempat, padahal Anda sedang berada di tempat yang lain. Tanpa disengaja, Anda bisa saja bertemu dengan orang yang ada di media sosial dan mengetahui bahwa Anda berbohong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com