Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Lengkap Menjaga Perhiasan Anda Tetap Mengilap

Kompas.com - 04/12/2016, 10:36 WIB

KOMPAS.com — Cincin pertunangan dan cincin kawin adalah salah satu elemen terpenting dalam sebuah acara pernikahan.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, aktivitas yang kita lakukan mungkin akan membuat batu permata dan material logam dari perhiasan tersebut terlihat pudar dan berkurang kilaunya.

Untuk itu, ikuti tips di bawah ini untuk menjaga perhiasan agar senantiasa berkilau mewah:

Berlian dan batu permata lainnya

Kebanyakan orang akan memilih berlian atau batu permata lain sebagai pemanis cincin tunangan. Jika memilikinya, Anda harus berhati-hati karena berlian bisa kehilangan strukturnya.

Oleh karena itu, sebelum melakukan aktivitas berat seperti olahraga atau aktivitas rumah tangga, akan lebih baik jika Anda melepas cincin terlebih dahulu.

Dengan melakukannya, Anda bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti menjatuhkan atau membenturkannya pada permukaan yang keras.

Cara lain untuk menjaga kilauannya adalah dengan menghindari produk kecantikan dan losion sebelum menggunakan cincin berlian.

Lepaskan juga ketika Anda akan berenang karena zat kimia dalam air kolam renang bisa menyebabkan korosi pada berlian atau batu lainnya.

Kesalahan umum lainnya adalah mengenakan perhiasan ketika mandi. Padahal, sabun akan membentuk lapisan di atas batu berlian dan membuatnya kusam. Untuk itu, sebaiknya lepas perhiasan sebelum masuk ke kamar mandi.

Platinum

Platinum dikenal sebagai logam yang memiliki durabilitas kuat, tetapi tetap tidak ada material berharga yang tidak akan tergores selamanya.

Anda disarankan untuk membersihkan cincin platinum secara berkala di ahli perhiasan untuk menjaga kilauannya.

Untuk solusi rumah yang lebih mudah, gunakan air hangat dan sabun lalu gosok dengan sikat gigi berbulu halus atau kain lembut. Gosok dengan alkohol secara perlahan sebagai metode pembersihan lain.

Selain itu, walaupun zat kimia kasar seperti pemutih tidak akan merusakkan platinum, tetapi berlian dan batu yang menghiasinya bisa terpengaruh oleh zat kimia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com