Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangtua, Simak Cara Menjaga Anak di Ranah Medsos

Kompas.com - 04/12/2016, 11:31 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com –- Di era modern ini, sebuah informasi bisa berpindah dari satu orang ke orang lainnya dalam hitungan detik. Hal ini tidak bisa dimungkiri terjadi karena perkembangan teknologi yang sangat pesat.

Namun, teknologi ini hadir bagaikan pedang bermata dua.

Sebab, kemudahan tersebut juga dialami oleh anak-anak yang pasrah menerima segala informasi dari media sosial, termasuk informasi yang sebenarnya tidak cocok dikonsumsi oleh mereka.

Maka dari itu, seorang psikolog, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi., Psi., menekankan untuk pertimbangkan segala sesuatunya sebelum anak menggunakan media sosial.

Perlu dipertimbangkan dulu, anak perlu punya akun media sosial atau tidak,” tulisnya kepada Kompas.com dalam surat elektronik, Jumat (2/11/2016).

Sebaiknya Anda sebagai orangtua dapat melihat terlebih dahulu media sosial mana yang digunakan oleh anak. Kemudian, jika media sosial tersebut memang tidak cocok untuk anak, maka jangan perbolehkan mereka untuk masuk ke dalamnya.

Kan ada batasan usianya untuk punya akun media sosial. Patuhi itu,” jelasnya.

Lalu, Vera juga menjelaskan bahwa orangtua haruslah mendampingi anak ketika mereka sedang menjelajah di dunia internet. Sebab, ada begitu banyak hal, termasuk yang buruk, yang bisa mereka lihat dan serap.

Jika Anda sulit mendampingi anak, hal yang wajib dilakukan adalah menjalin komunikasi yang baik tentang penggunaannya. Berikan mereka penjelasan mengapa Anda melarangnya atau mengapa media sosial tidak cocok untuk mereka.

Selain itu, Anda juga harus membiasakan anak untuk selalu memastikan kepada orangtua mengenai segala informasi yang diterima melalui media sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com