Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2016, 20:33 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber bustle.com

KOMPAS.com -- Pasti Anda dan pasangan bisa bersatu karena adanya api cinta yang membara. Namun, menjaga hubungan tetap harmonis dan mesra tidaklah mudah. Bahkan, ada banyak hal yang bisa membahayakan hubungan Anda dan pasangan.

Pertanyaan yang sering timbul setelah menjalani hubungan yang serius adalah “Apakah hubungan ini harus diteruskan?” atau “Apakah cobaan ini akan segera berakhir?”.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa Anda dan pasangan masih menginginkan hal yang sama.

Nicole Martinez, PsyD., LCPC, seorang psikolog di Illinois mengatakan, yang terpenting adalah Anda dan pasangan masih ingin mencari jalan keluar untuk memperbaiki hubungan ini.

Ketika Anda dan pasangan sudah mendapatkan keputusannya, baru Anda bisa mengambil langkah untuk memperbaiki hubungan ini. Cobalah beberapa hal dibawah ini untuk menyelamatkan hubungan Anda dan pasangan

Lakukan hal spesial bersama

Kapan terakhir kali Anda dan pasangan pergi berkencan seperti awal pertama Anda berkenalan dengan pasangan?

Anda juga bisa merencanakan liburan berdua ke tempat yang belum pernah didatangi untuk membakar lagi api asmara.

Sekadar minum kopi di sore hari atau makan malam romantis berdua juga bisa jadi pilihan untuk menghabiskan waktu bersama sambil mengingat alasan Anda dan pasangan jatuh cinta saat pertama kali.

Lupakan segala permasalahan yang ada

Apapun yang kalian hadapi saat ini sebaiknya dikesampingkan dulu, jangan mengungkit kesalahan yang Anda dan pasangan pernah lakukan.

Kalau Anda dan pasangan bisa melupakan kejadian buruk yang pernah terjadi, besar kemungkinannya untuk hubungan bisa kembali harmonis.

Pandang mata pasangan Anda

Cara berikutnya adalah memandang dalam kedua mata pasangan Anda. Awalnya akan terasa sangat aneh, tetapi jangan sampai hal ini membuat Anda berhenti melakukannya.

Hal ini akan membuat pasangan merasa dihargai dan bisa meningkatkan ikatan dan hasrat seksual antara Anda dan pasangan.

Cobalah beberapa terapi pasangan

Ketika semua hal di atas sudah Anda coba dan tidak berhasil, langkah selanjutanya adalah membawa hal ini ke orang ketiga yaitu mencoba terapi pasangan.

Terapi pasangan bisa saja berhasil dan pantas untuk dicoba kalau Anda ingin mempertahankan hubungan dengan memberikan beberapa solusi untuk memperbaiki kondisi Anda dan pasangan agar hubungan kembali harmonis lagi.

Selain itu, terapi pasangan juga akan mengajarkan beberapa trik berkomunikasi yang baik, membantu Anda dan pasangan saling berkompromi, menghindari argument, dan belajar untuk memaafkan juga melupakan pertengkaran yang pernah terjadi, tambah Martinez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber bustle.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com