Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Suami Istri Ini Tolak Sumpah Hidup Bersama hingga Maut Memisahkan

Kompas.com - 07/12/2016, 07:02 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com –  Casey Beros dan Suami, pasangan menikah asal Australia, menghapus sumpah pernikahan yang menyatakan bahwa mereka akan terus bersama hingga mau memisahkan.

Keduanya memutuskan untuk menulis sumpah dan perjanjian pernikahan versi sendiri karena ingin fokus membangun hubungan yang harmonis ketimbang mengucapkan sumpah yang tidak realistis.

“Tidak ada perjanjian dalam kehidupan ini yang bertahan hingga manusia menutup usia,” jelas Casey.

Alhasil, saat Casey dan suaminya melangsungkan pernikahan, maka keduanya menolak untuk mengucapkan sumpah terus bersama hingga maut memisahkan.

“Hal ini tidak menentang dan menghina kesucian pernikahan, tetapi lebih menghormati hak kami untuk membut aturan sendiri,” imbuhnya.

Keputusan yang tidak biasa ini diambil pasangan Beros berdasarkan fakta bahwa dua dari tiga pernikahan di Australia berakhir dengan perceraian.

Ternyata, menurut seorang seksolog dan pakar hubungan, Dr Nikki Goldstein, pilihan pasangan Beros ini telah menjadi langkah populer di Australia mengenai memodernisasi janji dan sumpah pernikahan.

“Tak sedikit pasangan suami istri di Australia sebelum menikah membuat kontrak selama 10 tahun. Nantinya, menjelang usia pernikahan mencapai 10 tahun, mereka akan memperbaruinya,” ucap Goldstein.

Menurut dia, keputusan mengubah dan memodernisasi janji pernikahan merupakan langkah paling sederhana para pasangan Australia untuk meredakan ketakutan pada perceraian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com