Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendalikan Emosi Anda dengan Setetes Minyak Atsiri

Kompas.com - 09/12/2016, 21:35 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Walaupun tidak banyak yang benar-benar mengerti mengenai penggunaan minyak atsiri, tanpa disadari esensi dari tanaman ini telah hadir dalam berbagai aspek kehidupan wanita, mulai dari produk kecantikan hingga pengharum ruangan.

Salah satu label kecantikan yang menjadikan minyak atsiri ini sebagai bahan utama dalam produknya adalah L’Occitane.

Oleh karena itu, Barbara Provust, Senior Spa Regional Manager, dan Dora Mok, Senior Spa Project & Marketing Executive, dari L’Occitane mengupas habis mengenai minyak atsiri.

Ditemui dalam acara Experience the Sense of Ubud oleh Kupu-Kupu Barong dan L’Occitane yang diadakan di Mango Tree Spa, Kupu-Kupu Barong, Ubud, Bali dan disponsori oleh Garuda Indonesia, Rabu (7/12/2016), mereka berkata bahwa minyak atsiri ini sangat berguna pikiran.

“Mencium bau minyak atsiri dapat mengaktifkan otak Anda dan mempengaruhi emosi Anda,” ucap mereka.

Hal ini adalah kelebihan lain dari minyak atsiri di samping mengurangi rasa sakit, mempercepat proses penyembuhan, dan berbagai manfaat lainnya.

Distilasi, alat yang digunakan untuk mengumpulkan minyak atsiri dari tanaman. Kiri, Barbara Provust, dan kanan, Dora Mok.

Dengan memilih minyak atsiri yang tepat, Anda akan bisa mengendalikan emosi walaupun dalam situasi yang tak terduga sekalipun.

Lavender, misalnya, bermanfaat untuk relaksasi dan melawan insomnia. Ylang-ylang juga dapat mengurangi rasa stres dan tertekan. Sementara itu, lemon bermanfaat untuk meningkatkan mood dan rosemary bisa membantu Anda berkonsentrasi.

Namun, Anda harus berhati-hati saat menggunakan minyak atsiri. Sebab, mayoritas minyak atsiri tidak bisa digunakan begitu saja pada kulit Anda karena bisa menyebabkan iritasi.

Barbara dan Dora menyarankan untuk mencampurkannya dengan air, pelembap, atau minyak netral. Setelah itu, Anda bisa mencium aromanya, merendam tubuh di dalamnya, atau mengoleskannya pada kulit untuk menyerap efeknya.

Selain itu, Anda juga bisa membeli produk kecantikan yang sudah mengandung minyak atsiri untuk mendapatkan manfaatnya tanpa repot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com