Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Sebabkan Bibir Wanita Berubah Hitam?

Kompas.com - 13/12/2016, 20:02 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com – Bibir kering dan pecah-pecah merupakan keluhan yang sering dialami oleh sebagian besar wanita yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia.

Selain iklim, sejumlah kebiasan buruk bisa membuat bibir wanita menjadi tidak menarik seperti halnya warna bibir yang menghitam.

Memang benar bahwa penggunaan kosmetik cukup membantu membuat bibir menjadi lebih merona. Namun, tetap saja, wanita masih menginginkan bibir warna merah dan segar yang natural.

Seorang Aesthetic Physician, Dr. Kevin A. Maharis, BMedSc, DipDerm (UK), menjelaskan mengenai penyebab dari bibir hitam dan solusi yang dapat dilakukan oleh wanita.

“Kalau bibir hitam karena genetik, maka itu cukup sulit untuk melakukan perawatan. Sebab, bibir adalah area yang cukup sensitif,” jelas Dr Kevin kepada Kompas.com saat ditemui di Maharis Clinic Jakarta, beberapa waktu lalu.

Bibir yang bewarna kehitaman ini terjadi karena dua hal. Pertama, karena memang genetik. Kedua, disebabkan karena wanita tersebut perokok.

“Orang yang merokok itu meningkatkan level karbon monoksida di badan,” imbuhnya,

Dia melanjutkan, tugas dari darah adalah mengantarkan oksigen ke kulit.

Jadi, jika karbon monoksida tinggi, maka tugas sel darah merah yang memiliki tugas mengantarkan oksigen ini menjadi terhambat. Kondisi inilah yang memberikan efek hitam bagi wanita yang merokok.

“Namun kalau memang perokok, bisa dibantu dengan treatment ozone,” ujarnya.

Jadi, perawatan tersebut sistemnya adalah diinfus untuk menetralkan darah.

Dr. Kevin menekankan, melalui treatment ini akan menetralkan darah, bersihkan racun yang ada di dalam darah. Seperti halnya karbon monoksida yang disebabkan dari rokok.

“Namun, yang paling benar adalah kalau merokoknya dihentikan,” pungkasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com