Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenakan Batik Motif Parang, Ahok Hadiri Persidangan

Kompas.com - 14/12/2016, 11:00 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com – Pada hari Selasa (13/12/2016) silam di bekas gedung PN Jakarta Pusat di Jalan Gajah Mada, Gubernur DKI Jakarta non-aktif, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), menghadiri sidang perdana kasus dugaan penodaan agama.

Ahok menghadiri kemeja batik berwarna coklat dengan motif parang dan celana panjang hitam. Penampilannya begitu bersahaja dan terlihat tegar.

Pilihan mengenakan batik motif parang merupakan keputusan yang cerdas. Pasalnya, motif batik yang berasal dari Yogyakarta tersebut memiliki makna mendalam dan merefleksikan sebuah perjuangan.

Dalam wawancara berkaitan dengan hari Batik pada tanggal 2 Oktober 2016 silam, perancang busana asal Indonesia, Amanda Hartanto, mengutarakan makna inspiratif dari motif parang.

“Parang memiliki makna tidak pernah menyerah. Jadi, ibarat ombak laut yang tak pernah berhenti bergerak,” jelas Amanda pada wawancara eksklusif dengan Kompas.com di Immigrant Lounge, Plaza Indonesia, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Amanda menjelaskan bahwa batik parang menggambarkan perjalinan yang tidak pernah putus, baik dalam upaya memperbaiki diri, upaya memperjuangkan kesejahteraan, dan bentuk pertalian keluarga.

Pertalian keluarga yang direfleksikan oleh motif parang, kata Amanda, sangatlah penting dalam rangkaian kehidupan manusia.

Amanda Hartanto adalah salah satu perancang busana batik asal Indonesia yang bangga melestarikan wastra nusantra lewat sejumlah koleksi busana.

Ciri khas busana Amanda adalah perpaduan gaya modern dan kain tradisional yang menghasilkan serangkaian koleksi dengan nuansa istimewa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com