Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/12/2016, 20:48 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com -- Musim liburan adalah saat untuk bersilahturahmi, termasuk memperkenalkan diri kepada keluarga pasangan. Tentu akan ada banyak hal yang menakutkan dan membuat Anda cemas, seperti apakah keluarga pasangan akan bisa menerima kehadiran Anda.

Simak beberapa tips di bawah ini untuk mendapatkan simpati dari keluarga pasangan.

Buat kesan pertama yang baik

Seorang pakar hubungan, Amanda Rose, mengatakan, kesan pertama dari awal berkencan sampai bertemu dengan orangtua pasangan sangatlah penting. Hal ini menentukan langkah berikutnya yang akan Anda dan pasangan ambil.

Untuk membuat kesan pertama yang baik, bersikaplah dengan ramah dan sopan, coba mengikuti alur pembicaraan dan tanyakan beberapa hal untuk menujukkan keinginan Anda untuk mengenal karakter mereka, tambah Rose.

Pelajari tentang tradisi dan silsilah keluarga pasangan

Sebelum pergi menemui keluarga besar pasangan, sebaiknya Anda mulai mengumpulkan informasi seputar keluarga tersebut, dari kebiasaan mereka, tradisi, sampai silsilah keluarga.

Kalau Anda merasa ada yang aneh dengan tradisi mereka, jangan memberikan kritik. Sebaliknya coba tunjukkan ketertarikan untuk mendengarkan jawaban dan cerita-cerita lucu yang terjadi di keluarga tersebut.

Coba bawa cindera mata

Membawakan cindera mata, buah-buahan, ataupun kue kecil bisa menunjukkan keramahtamahan Anda. Tidak masalah cindera mata apa yang Anda bawa, tetapi ketulusan saat memberikannya akan diingat oleh keluarga pasangan.

Coba berbaur

Saat bertemu dengan keluarga pasangan, cobalah untuk berbaur dengan anggota keluarga yang lain, jangan hanya menempel pada pasangan. Berbaur dengan anggota keluarga lainnya akan memberikan kesan bahwa Anda ingin mengenal keluarga tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com