Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Ini Berlakukan Cuti Hamil Selama 5 Bulan untuk Karyawan

Kompas.com - 18/12/2016, 13:00 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

KOMPAS.com – Umumnya, perusahaan memberikan cuti hamil pada karyawan wanita selama 12 minggu atau lebih kurang tiga bulan dengan penerimaan gaji yang tidak penuh sesuai aturan masing-masing.

Memahami bahwa tantangan sebagai ibu bekerja sangat tinggi dan bisa menyebabkan depresi lanjutan, maka American Express baru saja mengumumkan bahwa mereka telah memiliki aturan baru mengenai cuti hamil untuk karyawan wanita.

Aturan tersebut memperpanjang waktu cuti menjadi lima bulan atau 20 minggu dengan gaji penuh.

Lalu, karyawan wanita yang mengalami komplikasi selama melahirkan, maka diberikan cuti tambahan selama empat minggu atau enam bulan dengan gaji penuh.

Namun, aturan ini hanya berlaku pada karyawan wanita yang telah bekerja minimal satu tahun di American Express (AMEX).

AMEX baru akan meresmikan aturan ini terhitung mulai Januari 2017 mendatang.

Selain itu, pada tahun 2017, AMEX juga menghadirkan bimbingan atau edukasi pada karyawan wanita yang hamil mengenai laktasi, persalinan, dan cara mengurus bayi hingga usia satu tahun.

Kemudian, hal paling menakjubkan adalah untuk karyawan wanita dengan bayi berusia masih di bawah dua tahun dan harus melakukan perjalanan dinas ke luar negeri atau luar kota, maka AMEX akan menyediakan jasa mengantarkan air susu ibu (ASI) ke rumah tanpa ongkos kirim.

Lalu, orangtua yang kesulitan memiliki anak, AMEX juga segera menyediakan dana keluarga sebesar 35.000 dollar AS atau setara dengan Rp 500 juta untuk biaya adopsi satu hingga dua anak.

Karyawan wanita yang mengalami keguguran atau trauma akibat perceraian akan diurus oleh perusahaan dengan program konsultasi bersama psikolog terbaik tanpa dipungut biaya atau potongan gaji.

Jumlah wanita bekerja yang semakin melonjak setiap tahun telah menggerakan AMEX untuk menyediakan fasilitas dan program yang mendukung kebutuhan wanita dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuannya tentu saja agar seluruh karyawan wanita memberikan kinerja dan loyalitas terbaik pada perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com