Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Positif Jaga Hubungan Baik dengan Resepsionis di Kantor

Kompas.com - 19/12/2016, 09:35 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

KOMPAS.com – Posisi dan jabatan Anda di kantor boleh saja tinggi, tetapi pada akhirnya sikap serta etikalah yang merefleksikan nilai diri Anda yang sesungguhnya.

Jangan pernah menyepelekan pekerjaan dan kontribusi setiap karyawan di kantor. Sebab, Anda tidak akan pernah tahun kapan Anda membutuhkan bantuan orang lain untuk melindungi atau membantu Anda untuk memperoleh posisi lebih baik di perusahaan tempat bekerja.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam Harvard Business Review, salah satu orang yang harus Anda jaga hubungan baik dalam konteks profesional adalah resepsionis. Mengapa?

Resepsionis merupakan “pintu” pertama yang menghubungkan orang luar dengan karyawan di dalam kantor. Jadi, mereka tahu siapa yang tengah dikejar-kejar utang kartu kredit, siapa yang mengalami masalah rumahtangga, dan siapa yang tengah menjalin hubungan terlarang di kantor.

Selain itu, memiliki hubungan kerja yang baik dengan resepsionis bisa melindungi dan membantu Anda ketika Anda datang terlambat ke kantor atau rapat penting.

Anda bisa menawarkan atau membelikan resepsionis di kantor kopi kesukaan mereka. Lalu, ajaklah mereka berbincang-bincang mengenai keluarganya karena bisa dipastikan lebih kurang resepsionis juga sudah mengetahui tentang keluarga Anda.

Namun, pastikan ketika Anda sedang berbagi gosip kantor, jangan terpancing untuk menceritakan rahasia perusahaan yang bisa menjadi boomerang untuk Anda.

Aturan bergosip tersebut juga berlaku untuk semua orang yang bekerja dalam satu perusahaan dengan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com