Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Orangtua Tak Sadar Lakukan Kekerasan pada Anak

Kompas.com - 19/12/2016, 11:35 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com -- Orangtua, atas nama cinta, seringkali tanpa sadar menyakiti hati anaknya. Maka, penting untuk mengetahui apakah orangtua sudah merasa mencintai anaknya atau apakah anak sudah merasa dicintai orangtua.

Hal ini disampaikan oleh motivator dan trainer nasional, Reni Murni, dalam seminar orangtua yang bertema Orang Tua Cerdas, Anak Berkualitas. Acara tersebut diadakan oleh Persit Kartika Chandra Kirana di Aula Makodam IV/Diponegoro, Semarang, Jumat (16/12/2016).

"Sungguh tidak ada kasih sayang yang disertai dengan kekerasan. Kasih sayang hanya akan berarti jika disertai dengan kelembutan dan penghargaan," ungkap Reni.

Banyak orangtua yang juga tidak menyadari telah melakukan kekerasan. Ada beberapa kategori kekerasan yang terjadi kepada anak, di antaranya kekerasan terhadap anak melalui kekerasan kata-kata, kekerasan emosional, kekerasan fisik, dan kekerasan seksual.

"Gunakan kalimat dalam bentuk doa bila mendapatkan anak yang tidak seperti harapan orangtua," ucapnya.

Anak yang mengalami kekerasan, lanjutnya, akan mengalami gangguan pada proses perkembangan kejiwaan sejak kecil, bahkan hingga dewasa.

Dia mencontohkan, ketika orangtua meninggalkan anak hingga membuat anak merasa sedih dan diabaikan, hal tersebut termasuk sebuah kekerasan.

"Apalagi ketika anak kurang perlindungan, perhatian, kasih sayang dan waktu yang cukup, maka itu adalah bentuk kekerasan yang akan melemahkan jiwa anak," jelasnya.

dok.Kodam IV/Diponegoro Motivator dan trainer nasional Reni Murni berbicara di Seminar parenting bertema "Orang Tua Cerdas, Anak Berkualitas" yang diadakan oleh Persit Kartika Chandra Kirana di Aula Makodam IV/Diponegoro, Semarang, Jumat (16/12/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com