Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Wanita Ibu Kota Lebih Cepat Keriput

Kompas.com - 01/01/2017, 08:00 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

KOMPAS.com — Menurut Mona Gonahara, MD, seorang profesor klinis dari Yale School of Medicine jurusan dermatologi, lebih kurang 90 persen tanda-tanda penuaan bersumber dari paparan sinar ultraviolet.

Kebiasaan kebanyakan wanita yang hidup di negara tropis, kata Gonahara, hanya mengenakan krim tabir surya ketika sedang berjemur di pantai, berenang, dan berolahraga saat pagi.

“Krim tabir surya bukan pelengkap perawatan kecantikan saat Anda berlibur. Anda harus mengenakannya setiap hari, meski banyak beraktivitas di dalam ruangan,” ujar Gonahara.

Dia menjelaskan bahwa kulit yang sering terpapar sinar matahari lebih mudah berangsur keriput dan mengalami penuaan dini.

Penuaan dini, kata Gonahara, sering terjadi pada wanita yang hidup di kota besar.

“Radikal bebas hasil dari polusi udara sangat buruk untuk kulit,” imbuhnya.

Dia memaparkan bahwa hasil sebuah penelitian menunjukkan, wanita yang sering terkena polusi knalpot mobil dan polutan lingkungan lainnya mengalami kulit keriput saat usia mencapai 30 tahunan.

“Anda yang tidak ingin terlihat tua atau selalu ingin awet muda lebih baik banyak mengonsumsi makanan kaya antioksidan, seperti sayuran hijau dan lemak ikan. Dua makanan itu bisa menetralkan radikal bebas,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com