Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria, Pastikan Warna Sepatu dan Ikat Pinggang Anda Sama

Kompas.com - 02/01/2017, 19:17 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

KOMPAS.com – Gaya busana pria memang tidak serumit wanita. Pilihan busana pria pun cenderung lebih praktis karena tidak begitu banyak jenis pilihan.

Namun, tidak berarti pria berbusana sembarang tanpa memerhatikan aturan dan syarat padu padan yang tepat.

Sebab, jika demikian, Anda malah akan menjadi “tontonan” karena dianggap sebagai seseorang yang selalu “saltum” alias salah kostum.

Busana formal pria biasanya terdiri dari kemeja, celana, jas, dan sepatu pantofel. 

Tak ayal sejumlah acara memiliki syarat busana dengan istilah black suit atau setelan jas berwarna hitam dan dasi hitam.

Kristen Sweetwater, penulis buku 101 Fashion and Makeup Tips, mengungkapkan bahwa apabila acara tersebut jatuh pada siang hari, maka black suit yang dimaksud adalah busana formal bukan setelan jas hitam.

“Anda bisa mengenakan kemeja dan celana. Pastikan selalu mengenakan kemeja, meski acara pada siang hari. Namun, jika acara berlangsung malam hari, maka black suit yang dimaksud pengundang adalah benar-benar setelan jas formal,” urai Sweetwater.

Selain itu, Sweetwater juga mengatakan bahwa ketika Anda mengenakan ikat pinggang, maka sesuaikanlah warna ikat pinggang Anda dengan sepatu.

“Tak peduli ikat pinggang dan sepatu Anda berasal dari butik papan atas. Sebab, ketika kedua barang itu tidak sewarna dalam satu penampilan, maka Anda bisa dipikir seseorang yang tidak mengerti aturan dan etika bersosialisasi melalui busana,” imbuhnya.

Ikat pinggang Anda berwarna coklat, saran Sweetwater, sepatu Anda pun harus juga berwarna coklat atau setidaknya ada sentuhan coklat.

Hal serupa juga terjadi ketika pilihan ikat pinggang Anda berwarna hitam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com