Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemegang Kartu Identitas Anak di Solo Dapat Diskon Belanja

Kompas.com - 03/01/2017, 14:39 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

SURAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rangka menuju Kota Layak Anak (KLA), Kota Surakarta memberikan fasilitas pada anak agar hak-hak mereka terpenuhi, salah satunya adalah dengan adanya Kartu Identitas Anak (KIA) yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta.

KIA ini sebelumnya sudah ada di Surakarta dan dikenal dengan sebutan Kartu Insentiv Anak.

Kemudian, nama itu pun berganti menjadi Kartu Identitas Anak yang bisa digunakan oleh anak di seluruh pelosok Indonesia.

“Kartu Identitas Anak berfungsi sebagai upaya peningkatakan cakupan pemilikan akte, syarat untuk memiliki KIA harus bikin akte kelahiran,” ujar Suwarta dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta (Dispendukcapil), saat ditemui di Kota Solo.

Anggita Muslimah Anak-anak menerima Kartu Identitas Anak di Kota Solo, Kamis (29/12/2016).

Dia lanjut menjelaskan bahwa dengan adanya KIA ini dapat mempercepat kesejahteraan anak, juga memotivasi anak-anak memiliki akte kelahiran.

Anak-anak yang memiliki KIA, kata Suwarta, mereka bisa memanfaatkannya untuk keringanan berbelanja alias dapat diskon.

“51 mitra pelaku usaha yang bekerja sama, mulai dari pendidikan, bisa beli buku di solo dpt diskon besarannya bervariasi,” urainya.

Selain untuk membeli buku, bagi anak-anak Kota Solo yang sudah memiliki KIA, tentu mereka akan mendapatkan potongan harga saat membeli busana di beberapa toko, kuliner, wisata, olahraga, dan kesehatan.

Namun, satu hal yang perlu digaris bawahi adalah potongan harga ini tidak terdapat disemua toko. Namun, di toko yang telah bekerja sama.

Diskon yang diberikan pun beragam, mulai dari lima hingga 50 persen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com