Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, Cara Basmi Ketombe Tanpa Sampo Khusus

Kompas.com - 05/01/2017, 06:19 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

Sumber bustle.com

 

KOMPAS.com -- Saat bintik-bintik putih jatuh ke baju, tentu rasa kepercayaan diri Anda akan berkurang. Mungkin Anda telah mencoba segala produk dan perawatan untuk menghilangkannya, tetapi terkadang ketombe membandel dan tetap muncul.

Tunggu dulu, sebelum Anda menggelontorkan lebih banyak uang untuk menyembuhkan ketombe, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui penyebab dari timbulnya ketombe.

“Minyak yang ada di kulit kepala adalah penyebab dari datangnya ketombe,” ujar penata rambut Christine Symonds.

Symonds menambahkan, hal terpenting yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan mengatasi ketombe adalah tidak keramas berlebihan.

Berikut ini merupakan beberapa tips menjaga rambut Anda dari hadirnya ketombe selain menggunakan sampo anti ketombe.

Gunakan sampo kering

Symonds menyarankan untuk maksimal mencuci rambut dua kali sehari. Kemudian, melengkapinya dengan penggunaan sampo kering untuk menyerap minyak yang berlebih pada rambut.

Aplikasikan minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung gizi yang baik untuk pertumbuhan rambut dan aman untuk kulit kepala. Aplikasikan minyak kelapa pada kulit kepala sebelum berkeramas untuk menutrisi dan melembapkan.

Mencuci rambut dengan cuka apel

Cuka apel adalah salah satu solusi alternatif untuk membantu memerangi segala macam infeksi atau iritasi pada kulit kepala. Caranya, campur cuka apel dengan air hangat dengan rasio satu banding satu dan pijatkan ke kulit kepala Anda.

Hilangkan dengan minyak tea tree

Anda bisa menggunakan minyak atsiri untuk membantu pengelupasan kulit kepala dari sel kulit mati. Minyak tea tree sendiri juga biasa digunakan menjadi salah satu bahan dasar dari sampo anti ketombe.

Rendam dengan lemon

Asam pada lemon berfungsi untuk menetralisir minyak kulit kepala, selain itu juga memberikan vitamin dan antioksidan pada rambut.

Anda bisa memeras beberapa lemon pada rambut, kemudian diamkan selama 25 hingga 30 menit sebelum Anda mandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber bustle.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com