Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Kulit Sehat? Jangan Berganti-ganti Produk

Kompas.com - 06/01/2017, 16:04 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

Sumber SELF

KOMPAS.com -- Untuk memiliki kulit yang bersih dan sehat tentu beragam langkah harus Anda lakukan.

Memang terkesan sulit, tetapi kulit memang harus dijaga kesehatannya dengan berbagai cara, termasuk rutin menggunakan tabir surya dan mengonsumsi cukup air putih.

Lalu, seorang dokter kulit, Rosemarie Ingleton, MD, juga meminta Anda untuk menghindari empat kesalahan umum di bawah ini untuk menjaga kesehatan kulit.

Berganti-ganti produk

Ketika Anda sudah merasa cocok dengan satu produk, sebaiknya gunakan itu saja. Jangan sampai Anda terlalu sering berganti. Terlalu sering berganti produk tidak akan memaksimalkan hasilnya dan bisa membuat kulit malah menjadi lebih rusak.

Selain itu, biasakan untuk menunggu hasil dari sebuah produk yang Anda gunakan. Jangan langsung menyimpulkan dan cepat berganti produk.

Tetapkan dokter yang Anda pilih

Sama halnya seperti penggunaan produk, menurut Ingleton, sebaiknya Anda juga tidak terlalu sering berganti dokter.

Seorang dokter yang telah lama merawat Anda tidak hanya sudah mengetahui masalah-masalah kulit Anda, tetapi juga dapat dipercaya. Ingat, kepercayaan ini adalah sesuatu yang tidak bisa dihargai.

Mendiagnosa masalah kulit sendiri

Kalau pun merasa bisa menyelesaikan permasalahan kulit sendiri, percayalah bahwa Anda pun membutuhkan bantuan orang lain.

Jangan sembarangan mengobati diri sendiri, termasuk untuk masalah yang terlihat sepele seperti jerawat. Sebab, jika terjadi kesalahan, kondisi bisa semakin memburuk.

Lebih baik Anda mencari bantuan dokter kulit untuk mendiagnosa apa yang terjadi dan mendapatkan pengobatan yang lebih aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SELF
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com